Apresiasi Perhatian DKI Dikawasan Hulu

BERITABOGOR.COM | Bogor menyampaikan apresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta yang lebih peduli terhadap kelestarian hulu Sungai Ciliwung sebagai langkah mendasar dalam upaya penanggulangan banjir di Ibu Kota, Jakarta.

"Pak Jokowi tak hanya membenahi hilir, namun juga sangat fokus mengembalikan kawasan hulu sebagai daerah resapan air," ujar Rachmat Yasin, dalam sambutannya pada acara penanaman pohon, di perkebunan teh ciliwung, Desa Tugu Selatan, Bogor, Selasa (4/2/2014).

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta kepemimpinan Jokowi telah membantu Pemkab Bogor memperbaiki kualitas daerah hulu aliran sungai. Sebab buruknya wilayah hulu sangat berpengaruh terhadap parahnya banjir di Jakarta. "Tinggal kita melaksanakan program kultural, yaitu tidak boleh menghuni bantaran Ciliwung, tidak boleh buang sampah dan warga Bogor juga harus sadar, Ciliwung terkait dengan warga yang ada di hilir. Kita sudah sosialisasikan hal itu," tambahnya.


Pemprov DKI Jakarta, lanjut Bupati, telah menempuh langkah pemberian dana kepada Pemkab Bogor untuk membantu membongkar vila-vila yang melanggar, membantu penanaman pohon, membantu pembebasan lahan waduk Megamendung dan waduk Sukamahi, serta bantuan peralatan normalisasi. Tak hanya itu, sepanjang 2014, Pemkab Bogor menargetkan sebanyak 400 bangunan yang terindentifikasi liar akan dibongkar.  (bsr/zk)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama