Revitalisasi Pasar Cisarua Segera Disosialisasikan


JURNALBOGOR.CO | Cisarua | Rencana revitalisasi Pasar Cisarua bukan sekadar kabar burung. Perusahaan Daerah Pasar Tohaga (PDPT) Kabupaten Bogor dan Diskoperindag, Kamis (6/3), melakukan sosialisasi mengenai rencana revitalisasi kepada para pedagang Pasar Cisarua.

Dalam sosialisasinya, PDPT dan Diskoperindag menjelaskan bahwa revitalisasi Pasar Cisarua akan dibiayai Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Selain itu, mengharapkan agar para pedagang tidak kuatir tidak mendapatkan kios/los. Lantaran pedagang eksisting (pedagang lama) akan mendapat prioritas. Maka, pedagang diharap mengurus administrasi kepemilikan kios/los.

“Bagi pedagang yang belum mengurus Kartu Tanda Berdagang (KTB), segera hubungi unit Pasar Cisarua guna legalitas. Jumlah pedagang yang memiliki KTB merupakan acuan bagi jumlah tempat berdagang yang akan dibangun kelak,” kata Direktur Operasional PDPT, Ir Zairi.

Perwakilan dari Diskoperindag, Anwarudin, menjelaskan, revitalisasi yang dibiayai kementerian ini sedang dalam proses penyusunan detail Engineering Design (DED) melalui lelang. “Pembangunan ini tak lain bertujuan untuk membuat kenyamanan kepada para pelaku usaha. Kita lihat saja apakah pasar ini akan direhabilitasi secara total atau tidak sesuai dengan data pedagang. Kemarin sudah ada jasa konsultan yang sudah menjinjau lapangan, mari kita berdoa bersama agar pembangunan berjalan lancar,” harapnya.

Pasar Cisarua rencananya akan dibangun semi modern. Mengingat kontruksi tanah yang tidak rata, Pasar Cisarua dibuat dua tahap dna diperkirakan proses pembangunannya bisa memakan waktu dua tahun.

H Sudono, perwakilan pedagang perabot mengaku berbahagia dan menyambut baik kabar gembira bahwa Pasar Cisarua akan segera direhabilitasi dengan menggunakan dana pemerintah. Menurutnya sudah sepantasnya pasar Cisarua dibangun dengan dana pemerintah, terlebih keadaan fisik pasar yang sudah tidak layak.

“Ini merupakan angin segar bagi para pedagang. Terima kasih kepada Pasar Tohaga, Diskoperindag dan Pemerintah Kabupaten Bogor yang telah mencanangkan pembangunan Pasar Cisarua,” ucapnya, diamini Hj Nani, pedagang sembako di Blok C Pasar Cisarua.

Pedagang lainnya berharap pembangunan dilaksanakan secepatnya. “Ini pertemuan yang kesekian kalinya. Dan kami pedagang berharap pertemuan kali ini membuahkan hasil, hingga pembangunan pasar harus terlaksana,” ujar Yeni.

Selain itu, pedagang juga meminta agar kios/los nantinya bisa gratis untuk pedagang eksisting. “Disperindag harus konsekuen apa yang sudah dikatakannya. Bahwa kios atau tempat usaha yang akan dibangun gratis bagi para pedagang,” kata Pirman.

Menjawab aspirasi pedagang, Zairi menegaskan bahwa kios/los gratis bagi para pedagang asli. “Tapi kita meminta para pedagang mulai dari sekarang harus mempersiapkan data kepemilikan kiosnya. Gedung pasar baru nanti juga bukan hanya bagi para pedagang asli. PD Pasar Tohaga juga akan memasukkan PKL, sesuai instruksi bupati.Mereka sejak sekarang harus mengurus tanda pengenal pedagang Pasar Cisarua,” pungkasnya.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama