Normalisasi Ciliwung Pemprov DKI Hibahkan Rp 12,5 Miliar Untuk Pemkab Bogor

POTRETBOGORNEWS.COM | Pemprov DKI Jakarta akan menyalurkan dana hibah kepada Pemkab Bogor sebesar Rp 12,5 miliar.”Dana hibah itu untuk normalisasi hulu Sungai Ciliwung yang masuk dalam wilayah kami,” ujar Wakil Bupati Bogor Nurhayanti di Balaikota, Gambir, Jumat (12/9).

Dana untuk antisipasi banjir di Jakarta ini akan dikucurkan awal 2015. Nurhayanti mengatakan, pihaknya telah membongkar sejumlah bangunan liar di hulu sungai Ciliwung. “Lalu Pemkab Bogor akan melakukan penghijauan di lokasi penertiban , agar air hujan tidak langsung menuju Jakarta dan menjadi banjir,” tambahnya usai bertemu dengan Wagub Ahok.

Pemkab Bogor memprioritaskan pembangunan lahan untuk atasi banjir di Cisarua, Megamendung, dan Ciawi. “Alhamdulillah di tahun 2015 kami dapat bantuan lagi Rp 12,5 miliar dalam bentuk keuangan. Nanti kegiatan ada di kami, melanjutkan biopori, bioretensi, land clearing dan penghijauan, ditambah juga dengan middle stream,” ujarnya.

Nurhayanti menjelaskan, penghijauan aliran hulu Sungai Ciliwung difokuskan di Kecamatan Sukaraja, Cibinong, Bojonggede, dan Tajur Halang.


“Penghijauan di empat wilayah tersebut akan berperan penting dalam mencegah banjir di Jakarta,” jelasnya menambahkan, pihaknya juga akan menggunakan kucuran dana hibah dari Pemprov DKI untuk membangun sodetan Situ Kabantenan dan Situ Cikaret. (Joko)



Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama