Kades Sukamanu Megamendung, Bina dan Maksimalkan LINMAS


KUPASMERDEKA.COM | Bogor. Tak jarang satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Padahal Satlinmas atau yang dulunya disebut Hansip (Pertahanan Sipil) mempunyai sejarah yang panjang dan jauh dari pandangan remeh banyak orang.
Peranan penting Linmas disadari oleh Alex Purnama Johan, Kepala Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.
“Linmas memiliki peran strategis yang tidak hanya berorientasi menjaga keamanan, ketertiban dan ketenteraman masyarakat, tetapi mereka juga dilibatkan dalam setiap penyelenggaraan pemilu, baik pemilu legislatif, pemilu Presiden, Gubernur, Bupati, termasuk pemilihan Kepala Desa. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, Linmas juga menjadi garda terdepan dalam memberikan bantuan keselamatan jika terjadi bencana,” kata Alex kepada kupasmerdeka.com di ruang kerjanya, Jumat (31/03/2017).
Makanya, lanjut Alex, di Desa Sukamaju ada sekitar 39 anggota Linmas yang terdiri dari 28 laki-laki dan 11 perempuan. “Untuk mempermudah dan memaksimalkan dalam bertugas, disiapkan 3 kendaraan bermotor roda dua dan 1 kendaraan roda empat untuk patroli, dan masing-masing anggota dibekali satu buah pesawat HT [Handy Talky] untuk memudahkan komunikasi,” ungkapnya.
Lebih lanjut Alex mengungkapkan dirinya merasa bangga, masih ada masyarakat yang peduli keamanan dan pelayanan masyarakat. “Diantaranya itu, 11 perempuan warga kami mau tergabung di Linmas, itu artinya mereka mau mengabdi dan memberikan pelayanan terhadap masyarakat,” tuturnya.
“Kalau saya perhatikan, kinerja Linmas perempuan tak kalah jika dibanding dengan anggota Linmas laki-laki, bertanggung jawab, dan penuh kedisiplinan. Dalam pelatihan baris-berbaris dia lebih cepat, tanggap, punya kejujuran tersendiri. Secara step by step kita ajarkan kedisiplinan, keamanan lingkungan, melayani masyarakat khususnya ibu-ibu karena di sini itu banyak acara ibu-ibu, dan hasilnya baik sekali dan bagus,” tambah Alex.
“Awalnya memang mereka merasa kurang percaya diri, namun berjalannya waktu dan dengan pelatihan yang kita berikan setiap seminggu sekali oleh Babinsa dan Babinmas Desa, mereka sudah terbiasa. Respon masyarakat pun menghargai peran Linmas yang begitu aktif di segala bidang sesuai arahan kita,” terangnya.
Masih kata Alex, “tiap hari saya coba jaga di depan untuk menyambut tamu ke desa, itu masyarakat jadi gak sungkan, apalagi mayoritas yang datang ke desa itu ibu. Untuk Linmas perempuan itu tugasnya dari mulai kantor desa buka sampai jam 4 sore, dan Linmas laki-laki itu dari sore sampai besok pagi.”
“Dengan keberadaan Linmas itu sendiri saya pribadi selaku kepala desa merasa sangat terbantu sekali. Mudah-mudahan saja pemerintah daerah lebih memperhatikan kesejahteraan bagi semua Linmas, khususnya Linmas di Kabupaten Bogor,” pungkasnya. (Kamil/KN)
sumber
http://www.kupasmerdeka.com/2017/04/kades-sukamaju-megamendung-bina-dan-maksimalkan-linmas/

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama