Gempa Cianjur, Sebabkan 271 Orang Meninggal Dunia dan 2.043 Orang Luka-luka


PORTALCISARUAGempa berkuatan 5,6 magnitudo (M) terjadi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, sumber terjadinya Gempa berada di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, bencana yang terjadi pada Senin 21 November 2022 tersebut juga terasa sampai Garut, Sukabumi, Cimahi, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkas Bitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang, Tangerang Selatan, bahkan sampai ke Jakarta.


Kekuatan Gempa di titik pusat 10KM Barat Daya Kabupaten Cianur dengan kedalam 10Kilomenter. Menurut informasi sampai Rabu ini (23/11/22). Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan adanya korban meninggal mencapai 271 orang, dan luka-luka mencapai 2.043 orang, adapun jumlah korban yang mengungsi sebanyak 61.908 orang dan sebanyak 56.320 rumah alami kerusakan yang diantaranya rumah rusak berat 22.241 unit, rumah rusak sedang 11.641 unit, rusak ringan 22.090 unit.


Kepala BNPB Suharyanto dalam siaran persnya secara daring pada Rabu kemarin (23/11/22) mengatakan "Yang meninggal dunia kami sudah mengidentifikasi mencocokkan data dengan Kemenkes di semua RS dan Puskesmas yang sudah betul ada jenazahnya. Per hari ini ada 271 jenazah," katanya.


Suhrayanto menambahkan, bahwa, perkembangan dampak dari pada gempa yang terjadi di Cianjur akna terus di verifikasi, mulai dari RT/RW. "Ini akan terus diverifikasi. Untuk rumah ini didata, dari mulai RT/RW, kepala desa sudah diperintahkan Pak Bupati untuk melakukan pendataan pada rumah warga yang rusak," ujar Suharyanto.(sal)


Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama