Gebrakan Revolusioner! Kemenpora RI Wajibkan English Day untuk Seluruh Pegawai



PORTALCISARUA | Jakarta, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) membuat langkah luar biasa dengan mewajibkan English Day bagi seluruh pegawainya. Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran NOMOR: KP.06.00/4.18.10/SET/IV/2024 tentang Hari Wajib Berbahasa Inggris (English Day) di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga, yang dikeluarkan pada tanggal 18 April 2024.


Aturan ini berlaku untuk semua pegawai Kemenpora RI, dari pejabat hingga staf, sebagai bagian dari upaya mewujudkan pemerintahan berkelas dunia dalam roadmap reformasi birokrasi. Hal ini sejalan dengan tujuan memiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) yang cerdas, berintegritas, dan berwawasan global, termasuk menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.


Maksud dan tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memotivasi dan membiasakan seluruh pegawai agar mampu berkomunikasi secara formal menggunakan Bahasa Inggris serta meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi ASN di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga.


Seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga diwajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris setiap Hari Rabu, mulai tanggal 24 April 2024, dalam rangka memperingati World English Day. Namun, pada forum rapat, diskusi, atau pertemuan sejenisnya, komunikasi dapat menggunakan perpaduan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.


Kebijakan ini didasarkan pada Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020, dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2023. Seluruh pegawai diharapkan melaksanakan kebijakan ini dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. (sal)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama