Telaga Warna Surga Bagi Satwa Langka

CISARUA- Berlibur di kawasan Puncak Bogor terasa tidak lengkap bila tidak mampir di lokasi wisata Telaga Warna yang letaknya tak jauh dari restoran puncak pass. 

Cuaca yang berkabut dan sesekali semilir angin sejuk menerpa kulit kita terasa berada di negeri atas awan.

Selain itu bila anda sekedar ingin menikmati rimbunnya pepohon dan kicauan berbagai burung, maka tepatlah lokasi ini dijadikan target berlibur bersama keluarga maupun kerabat. Apalagi jika berteduh di kanopi pepohonan di seputaran telaga warna, anda bisa melihat panorama alam yang tidak dimiliki kawasan mana pun di belahan bumi ini.

Kawasan ini merupakan kawasan konservasi hutan yang dilestarikan pemerintah, maka tak jarang sesekali melintas ranger hutan tersebut dalam melaksanakan tugas - tugas pengawasan. Dari  lokasi ini juga bisa menelusuri tepian hutan yang berbatasan dengan kebun teh, daerah yang sering disebut “ekotone” secara terori peluang untuk melihat burung akan lebih banyak.

Wilayah ini juga menjadi perlintasan dari dua habitat yang berbeda. Tak jarang terlihat seekor Parus Major, burung hitam putih kecil berkepala bagian atas hitam, penutup telinga putih, tubuh bagian atas hitam-putih, sementara dada-perut putih.  

Paruhnya menyerupai paruhnya burung pipit, ekor hitam.Kawasan yang juga hulu sungai Ciliwung ini memiliki jalan setapak yang biasa dilalui para pecinta alam atau para biker menuju ke dalam hutan konservasi menuju kearah Riung Gunung dan Batulayang. Banyak jenis burung yang dilindungi di kawasan ini.

Diantaranya, Munguk loreng, Burung-madu gunung, Kacamata gunung, Sikatan kepala-abu, Kipasan ekor merah, Gelatik batu kelabu, Elang-ular bido, Raja udang meninting, Kangkok ranting, Burung madu belukar, Layang-layang batu, Sikatan rimba,, Cinenen gunung, dan jenis lainnya.

Sumber by : BeritaBogor

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama