Inspektorat Mandul, DD Tugu Selatan Leluasa Dikorupsi ?


METROPOLITAN.ID | Cisarua. Penggunaan Dana Desa (DD) di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, luput dari pengawasan. Padahal, diduga ada penyimpangan dalam peng­gunaannya seperti pembangunan Jalan Aspol yang ternyata bukan jalan aset desa dan Jalan Ganamanah yang hingga kini belum selesai. Tapi, anehnya terke­san Inspektorat Kabupaten Bogor tak berani menyentuhnya.

Kepala Inspektorat Kabupaten Bogor Didi Kurnia malah enggan berkomentar ketika dugaan penyelewengan uang ra­kyat yang dikucurkan melalui DD. Padahal, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan pernah meminta agar pengalo­kasian DD diperiksa Inspektorat. ”Saya me­minta Inspektorat turun untuk membukti­kan kebenaran tentang dugaan-dugaan penyelewengan tersebut,” pintanya.

Kinerja Inspektorat Kabupaten Bogor pun akhirnya tak lepas dari sorotan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Budget Analisis Center (Bancet) Imam. Menurutya, Inspektorat dan aparat berwenang lainnya tidak peka, padahal desa adalah ujung tombak dari pengguna anggaran. ”Kami menilai Inspektorat Kabupaten Bogor mandul dan tidak reaktif, masyarakat bu­tuh pembuktian terkait kebenaran du­gaan penyelewengan tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut dia pun mengatakan, In­spektorat seolah tutup mata dan telinga di tengah fokusnya pemerintah pusat menggelontorkan dana miliaran rupiah. ”Inspektorat jangan tutup mata dan telinga. Sudah sepantasnya turun ke lapangan, jangan hanya duduk di belakang meja di dalam ruang ber-AC,” pungkasnya. (ash/b/sal/wan)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama