Pembangunan Waduk Ciawi Ditargetkan Selesai 2019


TEMPO.CO | Jakarta - Upaya penanganan banjir di Jakarta terus dilakukan. Salah satunya adalah pembangunan waduk di Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, Teuku Iskandar, mengatakan kontrak pekerjaan Waduk Ciawi sudah dimulai pada Desember tahun lalu. Waduk yang berlokasi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu ditargetkan rampung pada 2019. “Kami optimistis selesai,” katanya, kemarin.

Iskandar menjelaskan, Waduk Ciawi berfungsi menampung air hujan di bagian hulu dan memperlambat laju aliran air sebelum tiba di Bendung Katulampa dan Jakarta. Total kapasitas waduk tersebut mencapai 6,45 juta meter kubik. Sedangkan luasnya 90 hektare.

Selain Ciawi, Balai Besar dan Pemerintah DKI Jakarta berencana membangun waduk di Sukamahi seluas 50 hektare. Pembuatan Waduk Sukamahi belum bisa dimulai karena masih mesti merevisi Rencana Tata Ruang Wilayah.


Anggaran pembebasan lahan kedua waduk itu Rp 920 miliar. Iskandar mengatakan anggaran tersebut berasal dari Balai Besar dan pemerintah Jakarta dengan perbandingan 50:50. Sedangkan pemerintah Jawa Barat bertugas menggelar sosialisasi bagi penduduk di sekitar lokasi waduk. Linda Hairani


Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama