Kemacetan Cisarua Hingga 4 KM

PORTALCISARUA| Kawasan Puncak, Jawa Barat, terus dipadati para pengunjung. Lantaran pengunjung membludak, kemacetan pun tidak terelakan. Dari pantauan VIVAnews.com di lapangan, kemacetan paling parah terjadi di jalan di wilayah Puncak sendiri. Dari kedua arah. Yang menuju Jakarta dan Bogor, serta yang menuju Puncak. Kendaraan mengular hingga sejauh 4 kilometer. Semenjak Senin kemarin, kawasan Puncak dan Cipanas memang dipadati ribuan wisatawan dari berbagai wilayah. Mereka terus membanjiri kawasan itu hingga hari ini. 

Demi mengurai kemacetan itu, petugas Lalu Lintas Polres Cianjur, mengarahkan pengguna jalan yang tujuannya ke Bogor dan Jakarta, untuk mengunakan jalur alternatif, yakni Pacet-Hanjawar. Begitu juga dari arah Bogor, diarahkan menggunakan jalur Hanjawar-Pacet.

"Kami belum bisa melakukan sistem buka tutup satu arah karena padatnya arus kendaraan dari kedua arah. Saat ini, ekor antrean mencapai Istana Cipanas, menuju arah Bogor,” kata Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Dewo Sadewo, kepada VIVAnews, Selasa 21 Agustus 2012.

Dewo mengatakan, untuk  mengatasi terjadinya macet total di jalur tersebut, pihaknya melakukan berbagai rekayasa arus. Di antaranya mengarahkan pengendara yang terjebak di depan Pasar Cipanas dan Istana Cipanas, untuk mengambil jalur alternatif Mariwati-Hanjawar.

Selain itu, polisi memasang kerucut pembatas di beberapa titik rawan macet, seperti di Jalan Raya Pasekon, Jalan Raya Cimacan dan di depan beberapa hotel dan rumah makan, serta jalan keluar dari tempat wisata Cibodas.

"Kami masih melakukan berbagai cara untuk memutus rantai kemacetan yang terjadi sejak pagi. Kami upayakan kendaraan bisa bergerak dan tidak stagnan meski kecepatan kurang dari 20 kilometer per jam," ujarnya.

Sumber : Vivanews

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama