Ekor Kemacetan Jalur Puncak Hingga Cipanas

TEMPO.CO | Bogor - Kondisi arus lalu lintas di jalur Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, macet parah pada Sabtu, 3 Januari 2015. Ekor antrean kemacetan ribuan kendaraan yang diduga akan menghabiskan liburannya tersebut terpantau hingga kawasan Cipanas, Cianjur.

Akibatnya, ribuan pengemudi kendaraan roda empat harus rela antri hingga tiga sampai empat jam dalam kondisi kendaraan tidak bisa bergerak sama sekali. "Saya bersama istri sudah tiga jam terjebak macet, bahkan antrian ribuan kendaraan yang akan menuju puncak dari arah Cianjur atau sepaliknya (Jakarta) juga macet parah," keluh Beni Akbar, 38 tahun, seorang pengemudi saat dihubungi Tempo, Sabtu 3 Desember 2015.

Beni mengatakan, kondisi kemacetan di jalur puncak ini karena masih banyaknya masyarakat yang akan naik ke Puncak untuk berlibur, sekaligus mereka yang akan pulang atau turun dari Puncak. "Mungkin karena long weekend ditambah lagi banyak yang akan pulang ke rumah karena masa liburan segera berakhir," kata dia. Kendati polisi sudah memberlakukan penutupan jalur satu arah atau one way selama beberapa kali, Beni menilai, langkah itu tak mempan mengurai kemacetan di jalur Puncak.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Solihin, 32 tahun, pengendara asal Tanggerang. Solihin sengaja memilih berlibur ke kawasan puncak, pada hari Sabtu ini karena Senin besok sudah kembali masuk sekolah. "Awalnya kami mau liburan malam tahun baru di Puncak, tetapi karena jalur puncak ditutup, makanya diundur jadi hari ini," katanya. "Tapi tetap saja terjebak macet."

Solihin mengatakan sudah lebih dari dua jam terjebak macet, bahkan kendaraanya tidak bisa jalan sama sekali karena padatnya arus lalu lintas dan antrean ribuan kendaraan yang juga akan menuju puncak.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama