Rumah Buruh Pabrik Ludes Terbakar



METROPOLITAN.ID | Cisarua, Kebakaran melanda rumah karyawan PTPN VIII Gunung Mas, RT 03/09, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua. Api yang diduga berasal dari korsleting listrik itu dalam waktu singkat menghanguskan enam rumah mess karyawan yang dihuni Enen (32), Aeb (41), Makmur (46), Adni (29), Acu (46) dan Yus (29).

Menurut saksi mata, Heri (35), kebakaran terjadi pada pukul 08:15 WIB. ”Api bermula dari korsleting listrik di atap rumah, lalu menyambar bilik dan merambat ke rumah-rumah sekitar,” ungkapnya.

Warga mengaku kesulitan memadamkan api, karena api sangat cepat menyebar di sekitar lokasi kejadian dan menyambar rumah yang terbuat dari bilik bambu.

Masih menurut Heri, api yang timbul tiba-tiba membuat panik seluruh penghuni mess. Namun, penghuni dan warga yang tinggal di lokasi kejadian lantas tinggal diam. Warga dan penghuni mess langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sebelum akhirnya api dapat dijinakkan pihak pemadam kebakaran. “Saat itu, semua masyarakat panik dan berusaha memadamkan api sebelum pemadam kebakaran datang,” tuturnya.

Kapolsek Cisarua Kompol Musimin membenarkan keterangan saksi mata. Menurutnya, kejadian bermula pada pukul 08:15 WIB. Dugaan sementara, api berasal dari arus pendek. Berkat kerja sama petugas pemadam kebakaran, petugas kepolisian, tim SAR dan warga, api berhasil dipadamkan pada pukul 09:15 WIB sehingga tidak menjalar ke rumah-rumah warga lainnya. “Sementara api diduga berasal dari arus pendek. Namun Alhamdulillah, berkat kerja sama kepolisian, pemadam kebakaran, tim SAR dan warga, api dapat dipadamkan,” tegasnya.


Tidak ada korban luka atau meninggal dunia dalam kejadian ini. Namun untuk sementara, enam keluarga yang rumahnya terbakar diungsikan di rumah kerabat yang juga masih di area mess karyawan PTPN. Sementara itu, total kerugian sementara ditaksir sekitar Rp150 juta. (ash/run)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama