Bogor Selatan Bulat Ingin Pisah


METROPOLITAN.ID / Cisarua. Keinginan masyarakat Bogor Selatan untuk ’merdeka’ dari Kabupaten Bogor terus bergerak. Kali ini para tokoh di tujuh kecamatan sedang mendata se­mua potensi yang ada di masing-masing kecamatan. Meski banyak kalangan yang pesimis akan keberhasilan pemekaran Kabupaten Bogor Selatan, hal tersebut tidak menyurutkan perjuangan para to­kohnya mencapai tujuan menjadi Daerah Otonom Baru (DOB).

Seperti yang dikatakan Tokoh Pemeka­ran Kabupaten Bogor Selatan Jatnika. Ia mengaku optimis bahwa keinginan memis­ahkan diri dari Kabupaten Bogor dapat terlaksana. Pasalnya, Bogor Selatan me­miliki potensi yang memang memadai. Hal itu dilihat dari jumlah penduduk yang memadai serta luas wilayah dan lainnya. “Indikator Bogor Selatan menjadi DOB sudah mumpuni dan cukup. Luas wilayah, jumlah penduduk serta infrastruktur yang ada juga cukup untuk mengantarkan ma­syarakat Bogor Selatan ’merdeka’ dari Kabupaten Bogor,” bebernya kepada Metropolitan.

Ia melanjutkan, kini para tokoh terus berkoordinasi dengan semua elemen masyarakat di tujuh kecamatan. ”Peng­kajian secara demografis, sosial, ekonomi dan politik, memerlukan waktu yang lama dalam satu presidium pemekaran,” jelas­nya.

Ketika disinggung mengenai alasan, ia mengungkapkan, salah satu yang paling logis yakni luasnya Kabupaten Bogor membuat pemerintah daerah tidak bisa melakukan kontrol yang maksimal. Tak hanya itu, keberadaan Cibinong sebagai ibukota juga membuat masyarakat ter­lalu lelah mengurus segala keperluannya. “Terlalu jauh dan banyak makan waktu, jadi tidak efisien,” pungkasnya. (ash/b/suf/run)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama