Semarak Membumikan Angklung dan Pecahnya Recor Dunia



Jakarta | Sebanyak 15.110 orang tumpah ruah di Istora Senayan Jakarta, mereka adalah peserta Pemecahan Rekor Angklung Dunia Guinnes World Of Record (GWR).  Antusias peserta terlihat dengan kedatangan yang dimulai pada pukul 13.00 WIB, mereka berjejer duduk dan berbaris rapih dengan nuansa Baju Merah Putih, berdasar pemantauan gelaran ini berakhir pada pukul 22.00 WIB.  Sabtu (5/8/2023). 


Dalam pentas pemecahan rekor ini juga menampilkan group Band Kahitna serta penyanyi Jembolan Indonesian Idol 2023 Salma. Perwakilan Guinnes World Record Sonia Ushirogochi hadir menjadi panelis pada perhelatan akbar tersebut. Sonia mengapresiasi gelaran yang di ikuti para peserta yang terdiri dari berbagai lembaga, kementerian, sekolah kedinasan, pelajar SMA/SMU/SMK dan keterlibatan TNI - POLRI. 


"Sekarang izinkan saya memberi tahu kalian hasilnya. Saya dapat mengonfirmasi dengan 15.110 peserta kalian telah mencatatkan rekor dunia Guinness," kata Sonia saat menyampaikan hasil penilaian.


Adapaun kegiatan GWR diprakarsai oleh Organisasi Aksi Solidaritas (OASE) Kabinet Indonesia Maju, Oase sendiri merupakan perhimpunan istri-istri anggota kabinet Indonesia Maju, gelaran dimaksudkan sebagai upaya mendukung pelestarian budaya. 


Seperti diketahui pada dasarnya Angklung merupakan alat musik/kesenian yang berasal dari Tatar Pasundan Jawa Barat. Kehadiran alat musik ini telah lama menggema, dikenalkan dan pentaskan di belahan Eropa dan Amerika dalam beragam event, Angklung telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010 lalu.


Hadir dalam gelaran tersebut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama istri Iriana Joko Widodo, turut hadir Wapres KH. Ma'ruf Amin bersama istri, Jokowi hadir sekitaran pukul 19.13 WIB (sal).

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama