Ki Tubagus Andung, Ulama, Pejuang dan Penyebar Islam di Puncak Cisarua Bogor


Ki Tubagus Andung: Seorang Ulama dan Pejuang Kemerdekaan

PORTALCISARUA | Cisarua - Sebuah makam tua berdiri di tengah-tengah Alun-alun Cibeureum, Cisarua, Bogor. Makam itu milik Ki Tubagus Andung, seorang tokoh masyarakat dan ulama yang berasal dari Banten. Ki Tubagus Andung hijrah ke Cisarua sekitar 300 tahun yang lalu untuk menyebarkan agama Islam di daerah yang masih dipengaruhi oleh budaya Hindu peninggalan kerajaan Pajajaran.

Ki Tubagus Andung adalah Maulana Hasanudin IX, salah satu keturunan dari Kesultanan Banten yang diberi tugas oleh Sultan Ageng Tirtayasa untuk mengislamkan wilayah Cisarua. Ki Tubagus Andung membuka dan mengajar pengajian di Alun-alun Cibeureum, yang menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat setempat. Ki Tubagus Andung juga dikenal sebagai pejuang yang melawan penjajahan Belanda, yang saat itu mengancam kedaulatan dan kebebasan bangsa Indonesia.

Makam Ki Tubagus Andung menjadi tempat ziarah bagi banyak orang, terutama dari Jakarta dan Bandung. Mereka berdoa dan bernazar di makam Ki Tubagus Andung, yang diyakini memiliki karomah dan keberkahan. Masyarakat sekitar juga sering menggelar haul atau peringatan hari wafat Ki Tubagus Andung, meskipun tanggal pastinya tidak diketahui. Hal ini karena pada masa itu, segala sesuatu yang berhubungan dengan Ki Tubagus Andung dan Islam dilarang dan diganggu oleh Belanda. Bahkan, identitas putra-putri Ki Tubagus Andung sengaja disembunyikan agar tidak dikejar-kejar oleh penguasa kolonial.

Zaman itu, belajar ngaji pun susah, selalu diintimidasi Belanda. Jadi tanggal kematian Ki Tubagus juga dirahasiakan, begitu juga dengan anak-anaknya. Mereka harus berpindah-pindah tempat dan berganti nama agar tidak ketahuan.

Jejak sejarah Islam di Cisarua, khususnya yang berkaitan dengan Ki Tubagus Andung, harus dilestarikan dan diteladani oleh generasi selanjutnya. Ia adalah sosok yang mengajarkan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan, serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi para pembaca untuk mengenal lebih jauh tentang Ki Tubagus Andung.


Keterangan. 
*Disarikan oleh portalcisarua dari beragam sumber.
*Image ilustrasi



Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama