Desain Waduk Ciawi Rampung 2013

Kaji Ulang Desain Waduk Ciawi Rampung Akhir 2013
Metrotvnews.com| Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan kaji ulang desain detail Waduk Ciawi, Bogor, Jawa Barat rampung pada akhir tahun ini. Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Mohammad Hasan mengatakan kaji ulang tersebut diperlukan karena ternyata tanah lokasi pembangunan waduk tersebut tergolong tanah lunak sehingga memiliki potensi longsor.

“Lokasinya terletak pada pondasi yang relatif lemah, oleh karena itu kita harus hati-hati. Tanahnya termasuk soft soil sedimented, jadi daya dukungnya kurang,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/2).

Hasan melanjutkan upaya hati-hati mutlak diperlukan karena hilir dari Waduk Ciawi tersebut mengarah ke Jakarta. Jika terjadi kerusakan atau jebol, lanjutnya, itu akan sangat membahayakan Ibu Kota.

Kaji ulang desain detail itu termasuk mengenai kemungkinan mengurangi kapasitas atau daya tampung waduk. “Mungkin bentuk desain dan volumenya ada perubahan. Dulunya 39 juta meter kubik dengan tinggi 60 meter,” kata dia.

Selain menyangkut desain, kaji ulang juga dilakukan terhadap aspek kebutuhan dana konstruksi. Setelah selesai kaji ulang, pembangunan Waduk Ciawi akan dilakukan pada tahun depan. Waduk Ciawi nantinya memiliki peran penting sebagai sumber air baku dan mengurangi banjir di ibukota.

Ia melanjutkan seluruh program penanganan banjir Jakarta sedang berjalan di antaranya normalisasi sungai Pesanggarahan, Angke, dan Sunter (hulu). Sementara untuk normalisasi sungai Ciliwung dan pembangunan sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur dalam persiapan tender dan menunggu persetujuan anggaran dari Kementerian Keuangan. (Andreas Timothy/Nav)

sumber | metrotv.com

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama