Catatan Pemilu Legislatif Kawasan Puncak Bogor

BERITABOGOR.COM | Hal tersbeut diungkapkan Jatnika, Ketua Bappilu Dapil 3 Partai Amanat Nasional (PAN). “Pelaksanaan Pileg kali sangat melelahkan masyarakat dan panitia pelaksana di lapangan. Masyarakat banyak yang dibuat bingung dengan banyaknya pilihan di kertas suara” ujar Jatnika kepada Berita Bogor.

Menurut Jatnika, praktek “Money Politik” seperti sudah disepakati bersama alias menjadi hal lumrah dilapangan. Caleg tanpa bagi-bagi uang akan di pandang sebelah mata oleh masyarakat. Secara umum masyarakat banyak yang memilih karena sebaran uangnya. Berdasarkan catatan yang disampaikan Jatnika hasil Pileg di dapil 3 menghasilkan 2 Caleg incumbent dan 6 caleg baru. Dari kesemuanya Jatnika sanksi dengan kinerjanya kedepan. Karena track recordnya sama sekali tidak nampak di masyarakat selama ini.

Sementara itu dari data yang dihimpun Beritabogor.com, keluhan pelaksanaan Pileg muncul dari beberapa petugas KPPS, Saksi dan petugas PPK Kecamatan. Rata- rata mereka mengeluhkan pada daftar DPT yang masih menggunakan data tahun 2009 dan lamanya rekapitulasi di TPS, KPPS Desa dan PPK Kecamatan.

Penghitungan rekapitulasi rata-rata memakan waktu 12-15 jam. Belum lagi kalau ada kesalahan / selisih angka, maka petugas mesti menghitung ulang lagi dari awal. Dari hal tersebut mengakibatkan saksi banyak yang meninggalkan lokasi penghitungan karena kecapekan. Lama dan rumitnya rekapitulasi membuat saksi dan peserta lainnya jengah, sehingga mengurangi stamina dan semangat dalam mengawal jalanya rekapitulasi.

Sistem terbuka kali ini juga mengakibatkan persaingan dalam internal partai. Karena caleg dalam satu partai mesti berebut suara dalam satu wilayah ( Dapil ). Sehingga terjadilah persaingan dan gesekan dalam internal partai itu sendiri. Bagi yang caleg yang bermodal kuat maka dia akan menjadi pemenangnya. Lalu bagaimana cara mereka mengembalikan dana yang sudah mereka keluarkan dalam pemilihan.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama