Hati-hati ke Jalur Puncak, Ada Ancaman Longsor

TEMPO.CO | Bogor - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengingatkan masyarakat agar berhati-hati melintasi jalur Puncak. Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Bogor Budi Aksomo mengatakan bencana longsor bisa terjadi lagi saat Puncak dipadati warga yang berlibur menjelang tahun baru. "Harus ekstra hati-hati," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 27 Desember 2014.

Pada Jumat sore, tanah di Jalan Raya Puncak dekat Riung Gunung longsor. Longsoran tanah menutupi sebagian badan jalan serta menumbangkan sebuah pohon. Namun tidak ada korban jiwa di kawasan itu. Sedangkan di RT 02 RW 04, Kampung Caringin, Desa Tugu Utara, Puncak, satu orang tewas karena tertimbun longsor.

Budi mengatakan tingginya curah hujan di Puncak menjadi penyebab longsor. Selama sepekan terakhir, kata Budi, tanah menjadi labil karena hujan turun setiap hari pada sore hingga malam. Untuk itu, BPBD Bogor menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) di setiap lokasi yang berpotensi mengalami longsor. "Segera lapor jika terjadi suatu hal yang membahayakan," ujarmya. 


Lokasi longsor di Puncak sudah ditangani petugas. Kini, jalur Puncak tetap bisa dilalui kendaraan. Namun bahaya longsor tetap mengintai karena wilayah Bogor dan sekitarnya masih dilanda hujan. Selain Bogor, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas sedang akan mengguyur daerah Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Depok, dan Tangerang.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama