Kursi Ketua Dprd Kabupaten Bogor di Duduki Ade Rehendi (Jaro Ade)


BIDIKNUSANTARA.COM |  Kab. Bogor. Ade Ruhendi atau yang akrab di sapa Jaro Ade dari Partai Golongan Karya akhirnya menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor, sementara dua Wakil Ketua Dewan lainnya dijabat Ade Munawaroh dari Partai Persatuan Pembangunan dan Iwan Setiawan dari Partai Gerakan Indonesia Raya. Yang berarti empat dari pimpinan Dewan berasal dari partai koalisi pengusung mantan calon presiden Prabowo Subianto, sementara hanya satu partai penyokong presiden terpilih Joko Widodo yang mendapat jatah kursi Wakil Ketua DPRD, yakni Saptariyani dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. selain mengincar posisi pimpinan DPRD, Koalisi Merah Putih dikabarkan akan menyapu bersih pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).


"Sebenarnya, porsi pimpinan saat ini bukan karena Koalisi Merah Putih, tapi dirunut dari perolehan jumlah kursi di DPRD, Partai Golkar sebagai pemenang pemilu di Kabupaten Bogor berhak atas kursi Ketua Dewan," kata Ade Ruhendi seusai pelantikan pimpinan Dewan di Gedung Tegar Beriman, Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, Kamis (2/10).


Kursi para Wakil Ketua, kata Jero Ade, diberikan kepada tiga partai peraih suara terbanyak, yakni PPP, Gerindra, dan PDI Perjuangan. PPP mendapatkan 7 kursi, PDI Perjuangan 7 kursi, dan Gerindra 6 kursi. Sedangkan sisanya dipegang Partai Golkar. "Kebetulan saja tiga partai peraih kursi terbanyak adalah anggota Koalisi Merah Putih," katanya.
Usai penetapan ketua lanjut Jaro Ade, pihaknya akan segera dilakukan pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), baik ketua komisi maupun lainnya. Jika Koalisi Merah Putih solid, empat jabatan ketua komisi, Badan Legislasi, Badan Anggaran, Badan Urusan Rumah Tangga, dan Badan Kehormatan akan dikuasai oleh partai penyokong Prabowo, yakni Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PPP, ditambah Demokrat.


Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD dari Partai Gerindra Iwan Setiawan mengatakan hingga saat ini untuk AKD masih dalam tahap lobi dan belum mengkrucut pada pembagian kursi AKD "Selesai AKD baru berbicara calon Wakil Bupati Bogor,” uajrnya. (Sumburi)

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama