SMA Negeri 1 Cisarua Dituding Lakukan Pungli


SELIDIK.NET | Bogor. Harapan masyarakat agar dunia pendidikan benar-benar bebas dari perilaku koruptif tampaknya masih ‘jauh panggang dari api’. Pasalnya, sekolah-sekolah masih melakukan pungutan liar terhadap siswa baru dengan dalih uang pembangunan.

Seperti halnya yang terjadi di SMA Negeri 1 Cisarua, Kabupaten Bogor. Hal itu terungkap berdasarkan pengakuan orang tua siswa yang merasa keberatan dengan pungutan dari pihak sekolah.

Kepada SELIDIK.Net, seorang orang tua siswa mengaku kesulitan harus membayarkan uang pembangunan hingga lima juta rupiah.

“Mereka berdalih bahwa pungutan itu berdasarkan kesepakatan dengan orang tua, tapi kami merasa keputusan itu dipaksakan,” ujarnya kepada SELIDIK.Net.

Sumber lain mengatakan bahwa besarnya pungutan yang dikenakan oleh pihak SMA Negeri 1 Cisarua kepada siswa baru bervariasi.

“Untuk siswa yang dari SMP Negeri 1 Cisarua, biayanya lebih besar,” Ujar sumber yang enggan menyebutkan namanya.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Cisarua tidak bersedia memberikan keterangan kepada SELIDIK.Net terkait tudingan pungutan liar itu.

Ironis

Menanggapi maraknya pungutan liar pada saat penerimaan siswa baru, Koordinator Corruption Inquiry and Prevent Society (CIPS) Tiopan LG mengatakan bahwa hal itu merupakan suatu ironi di dunia pendidikan.

“Di tengah ratusan triliun rupiah yang digelontorkan pemerintah untuk membiayai pendidikan termasuk untuk membangun infrastruktur, alasan uang pembangunan memungut biaya dari peserta didik terasa sangat ironis,” ujarnya.

Menurutnya, dunia pendidikan yang seharusnya tempat menempa anak didik agar berkarakter justru menjadi ladang para pemburu rente.

“Lihat saja sekolah-sekolah di Jawa Barat. Dari SD hingga SMA hampir semua melakukan pungutan untuk baju seragam yang harganya jauh di atas harga pasaran. Saya duga ada pemburu rente yang bermain di balik pengadaan baju seragam itu.” Tegas Tiopan.

Lebih lanjut, Tiopan mendesak aparat penegak hukum agar proaktif mengusut oknum-oknum yang bermain dalam maraknya pungutan liar di sekolah-sekolah. ***(S.Net-RH036)

sumber

http://selidik.net/sma-negeri-1-cisarua-dituding-lakukan-pungli/

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama