BPBD Kabupaten Bogor Gelar Rakor Damkar

BERITABOGOR.COM | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Gladi dan Simulasi bertempat di hotel Sitamiang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (22/4/2014).

"Permendagri No.69 Tahun 2012, Pasal 3 mengamanatkan Jenis pelayanan selain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2a), wajib diselenggarakan oleh kabupaten/kota sesuai kebutuhan, karakteristik, dan potensi daerah." 

Usai berdialog dengan peserta Rakor, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Yous Sudrajat menjelaskan out put yang akan dicapai dari kegiatan ini berupa penguatan kordinasi dengan instansi pemerintah Kabupaten bogor hingga Kecamatan penguatan dan lintas sektoral, dalam menyampaikan paradigma penanganan bencana menjadi pencegahan dan kesiapsiagaan bencana kebakaran.

Dari pemaparan narasumber Kemedagri, lanjut Yous, menitik beratkan pelaksanaan amanat Perarturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 69 Tahun 2012 tentang perubahan atas Permendagri Nomor 62 Tahun 2008 tentang standar pelayanan minimal bidang pemerintahan dalam negeri di kabupaten/kota. "Diantaranya, mengenai cakupan wilayah pelayanan pemadaman sedekat mungkin dengan masyarakat, Respon Time berkaitan dengan kecepatan layanan, peningkatan sarana unit Damkar yang standarnya 30.000 jiwa per unit, jumlah aparatur dengan standar 5.000 jiwa per petugas Damkar," urainya.

Dirinya mengungkapkan saat ini di Markas Komando Damkar Kabupaten Bogor hanya memiliki 16 unit Damkar dengan kekuatan 42 PNS dan 30 Satlakar. Sedangkan Pos Pemadaman hanya ada di Ciawi, Jonggol dan Leuwiliang padahal Kabupaten Bogor memiliki 40 kecamatan. "Kondisi ini masih jauh dari ketentuan standar pelayanan sebagaimana amanat Permendagri, dan kita akan upayakan sebagai langkah awal dengan membangun Pos Pemadaman di setiap Kecamatan secara bertahap," tambahnya.


Pantauan dilokasi, kegiatan ini diikuti puluhan peserta yang terdiri perwakilan seluruh SKPD dan Kecamatan se- Kabupaten Bogor serta perwakilan dari Pemerintah Daerah Regional seperti Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Sukabumi dan Cianjur dibekali materi dari narasumber yang berasal dari Kasubag Kelembagaan Kabupaten dan Kota Wilayah II Kemendagri, Zainal Ahmad, dan Kasi Peningkatan Aparatur Dit P2B Ditjen PUM Kemendagri, Maria Warastuti, serta Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yous Sudrajat.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama