Disbudpar Bentuk Forum Desa Wisata

BERITABOGOR.COM | Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, Drs. Rahmat Surjana, M.Si menyampaikan bahwa para pengelola desa wisata se-Kabupaten Bogor saat ini belum optimal, tujuan dalam acara ini untuk memfasilitasi pembentukan lembaga Forum Desa Wisata, “Dengan dibentuknya lembaga Forum ini, desa wisata se-Kabupaten Bogor bisa mempercepat pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Bogor serta bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat ” jelasnya saat pembukaan kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (22-23/4/2014) di Wisma Industri, Jalan Raya Puncak Cisarua, Puncak Bogor.

Menurutnya, Kabupaten Bogor saat ini memiliki desa wisata terbanyak di Jawa Barat, ini merupakan potensi yang  luar biasa dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di bidang pariwisata. Forum ini bertujuan sebagai tempat bertukar ide, gagasan, sharing, koordinasi dan pemecahan masalah bagi para pengelola desa wisata sehingga nantinya memiliki kemampuan untuk mengembangkan desanya secara mandiri, sekaligus untuk mengembangkan potensi ekonomi, sosial budaya dan pelestarian alam yang suistinable bagi masyarakat desa.


Peserta desa wisata mewakili tujuh kecamatan meliputi Desa Wisata yang hadir diantaranya Desa Ciasihan Waskita Hayat, Ciasmara, Gunung Sari, Gunung Malang, Situ Daun, Tapos I, Sukajadi, Pasir Eurih, Taman Sari, Cimande, Cinagara, Pancawati, Batu Layang, Kopo, Tugu Selatan, Tugu Utara, Linggar Mukti, Sukakarya, Sukaresmi, dan Desa Jampang. Sebagaimana yang disampaikan oleh ketua panitia dalam laporannya oleh Rudi Hidayat, Kepala seksi  Aneka Wisata Disbudpar Kabupaten Bogor.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama