Libur Jelang Puasa, Jalur Puncak Macet

WARTAKOTA.TRIBUNNEWS.COM | BOGOR - Liburan seminggu sebelum bulan Ramadan, jalur Puncak mengalami kemacetan parah sejak pagi hari. Pantauan Warta Kota, Minggu (22/6), kemacetan mulai terjadi sejak pukul 09.00 pagi. Antrean kendaraan mengular sekitar 3 kilometer sebelum gerbang tol (GT) Ciawi. Penyebabnya kemacetan karena proses pembayaran tol di gerbang tersebut.

Untuk mengurai kemacetan, Polres Bogor memberlakukan one way atau satu arah ke Puncak. Pemberlakuan satu arah dilakukan selama 3 jam mulai hingga pukul 11.00.

"Proses transaksi pembayaran di gerbang tol Ciawi menyebabkan panjangnya antrean kebelakang. Selain itu, volume kendaraan juga meningkat seminggu jelang puasa," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Muh Chaniago.

Setelah memberlakukan satu jalur ke arah Puncak, pukul 11.30, petugas gantian memberlakukan satu arah bagi kendaraan dari arah Puncak yang menuju Jakarta.

Pemberlakuan satu arah dilakukan selama 3 jam hingga pukul 15.00. "Karena kendaraan arus balik juga ramai, kita berlakukan satu arah dari Puncak untuk mengurangi kepadatan di kawasan Puncak," ujarnya.

Akibat pemberlakuan satu arah ke Puncak, ribuan kendaraan terjebak di ruas tol Jagorawi selepas GT Ciawi. Ratusan pengendara yang mengalami kemacetan ada yang memilih jalur alternatif lewat Pandansari, tembus ke Gadok.

Tidak sedikit pula dari pengendara yang memilih jalur alternatif lewat Pasir Muncang tembus ke Pasar Cisarua."Saya sempat makan di Cipayung, tahunya jalur ke Puncak ditutup dan tertahan tiga jam," ujar Ny Eva M, warga Baranangsiang, Bogor Timur yang hendak menuju ke Cisarua.


Hingga Minggu petang, arus lalu lintas dari Puncak menuju Jakarta masih padat. Polisi kembali memberlakukan satu arah ke Jakarta.

Post a Comment

Mohon berkomentar yang tidak menyinggung SARA. Mari bangun komentar yang konstruktif

Lebih baru Lebih lama